INFORMASI PENERIMAAN SANTRI
Bismillahirrahmanirrahim
Kualitas sebagian generasi muda Islam semakin memprihatinkan. Peran lembaga pendidikanpun seakan mandul untuk membentuk generasi beriman dan bertakwa
Alhamdulillah, Pondok Pesantren Darul Aman Gombara di bawah Yayasan Buq’atun Mubarakah Pusat Gombara bertekad untuk tetap berusaha menjalankan proses pendidikan integral membentuk pribadi cerdas, secara spiritual, emosional dan intelektual.
Pendidikan merupakan sebuah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatu peradaban yang bermuara pada wujudnya suatu tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Proses pendidikan Islam sendiri memulai proses membangun kembali peradaban manusia yang telah porak poranda. Sistem dan metode amat menentukan kualitas hidup manusia secara utuh (Ruhiyah, Jasadiyah dan Aqliyah) dalam segala bidang adalah pendidikan.
Menjawab kebutuhan tantangan zaman tersebut maka Pondok Pesantren Darul Aman Gombara berusaha mengembangkan lembaga pendidikan Islam Alternatif yang mencetak kader Muslim, Da’i dan Mujahid.
Pondok Pesantren Darul Aman berada di bawah naungan Yayasan Buq’atun Mubarakah yang didirikan pada hari Rabu 17 Juli 1991 oleh KH. Abdul Jabbar Ashiry (Alm), KH. Abdul Djalil Thahir dan H. Sempang Ali
Saat ini mengalami perubahan menjadi Yayasan Buq’atun Mubarakah Pusat Gombara. Dan saat ini melaksanakan berbagai jenjang pendidikan, dan menggandeng dua departemen pelaksana pendidikan yaitu Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.
Untuk pertama kalinya Pesantren Darul Aman dipimpin oleh KH. Abdul Djalil Thahir selanjutnya oleh H. Mujahid Abdul Jabbar, Lc (Alumnus Universitas Imam Muhammad Ibnu Sa’ud Riyadh KSA), selanjutnya H. Muh. Iqbal, Lc (Alumnus International Islamic University Islamabad Pakistan dan sekarang oleh H. Muhammad Yusuf Mantasya, Lc (Alumnus Madinah University).
Setiap awal tahun ajaran, Pondok Pesantren Darul Aman Gombara menerima santri baru (lulusan SD atau SMP atau sederajat) atau pindahan yang berasal dari lembaga pendidikan yang memiliki sistem ajar dan kurikulum yang sama.